Tips dan Cara Melamar Kerja Online Tanpa Biaya



Selamat sore shobat. Pada postingan kali ini mimin ingin berbagi sedikit tips tentang bagaimana caranya melamar kerja dengan biaya yang lebih murah. Bagi mereka yang punya cukup uang, hal ini mungkin bukan merupakan suatu masalah, tapi bagi shobat yang baru lulus sekolah atau kuliah dan masih belum berpenghasilan, melamar kerja bisa jadi beban tersendiri dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, untuk satu kali melamar kerja shobat harus mengeluarkan biaya pembelian amplop, prin surat lamaran, CV, pas foto, foto copy identitas, fotocopy piagam (bila diperlukan) dan mungkin beberapa berkas lainnya, belum lagi biaya trasportasi atau biaya pengiriman (ex : PO*, J*E, T*KI dll). Shobat bisa ngira-ngira sendiri berapa total biaya yang harus dikeluarkan, itu kalau satu perusahaan yang dilamar, bagaimana kalau 2, 3, 4 dan seterusnya ? kalau masih ada cara yang lebih hemat, ada baiknya kalau shobat mencoba cara tersebut sehingga uangnya bisa digunakan untuk keperluan yang lain.


Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, saat ini banyak loh perusahaan yang menerapkan system rekrutmen dengan memafaatkan internet sebagai media untuk mencari pegawai baru, beberapa diantaranya dengan menerima lamaran via e-mail, situs web penyedia lowongan kerja, website resmi perusahaan dan lain sebagainya. Nah, dari situ shobat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melamar kerja tanpa mengeluarkan banyak biaya. Baca juga Lowongan Kerja Surabaya 22 February 2016

Berikut ulasan singkat untuk melamar kerja via online :
  • Melamar kerja Via situs lowongan kerja
Saat ini ada banyak situs lowongan kerja dimana sobat bisa melamar kerja melalui situs tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya buat transportasi/jasa ekspedisi, tanpa biaya ngeprin surat lamaran, vc dan berkas lainya. Situs lowongan kerja yang populer misalnya ;



Silahkan sobat klik link di atas dan mendaftarkan diri di situs tersebut, kemuadian melengkapi data diri serta ikutilah panduan di situs tersebut.
  • Melamar kerja Via e-mail
  1. Cari dulu informasi perusahaan baik melalui internet atau media lainnya. Kirimkan lamaran, CV dan resume anda melalui e-mail. Persiapkan semua file yang akan diunggah termasuk file scan berkas asli.
  1. Buka email anda, klik compose/tulis, ketik alamat email perusahaan dengan benar, jangan lupa isikan subject email (agar tidak dianggap spam) dengan posisi kerja yang anda inginkan.
  1. Pada badan email buat surat pengantar lamaran kerja anda
  1. Unggah file surat lamaran, CV, resume, scan berkas asli (sebaiknya semua dalam bentuk .pdf) dengan memilih atachment/lampiran, tunggu sampai proses selesai dan send
  • Melamar kerja Via situs resmi perusahaan
Melamar kerja via situs resmi perusahaan ini mungkin agak jarang dilakukan dibandingkan dengan melamar via situs pencarian kerja dan via email, hal ini karena kita melamar langsung di situs atau website perusahaan tersebut sedangkan kita belum tentu tau alamat websitenya dan kita juga belum tentu tau perusahaan tersebut sedang membutuhkan karyawan baru atau tidak. Namun terlepas dari itu semua, kesempatan itu selalu ada. Nah, bagaimana caranya ? Sobat bisa buka-buka website resmi perusahaan yang menjadi tujuan, nah klik pada bagian menu "Carrier", selanjutnya sobat bisa langsung melamar di situ. 

Demikian sedikit tips dari mimin, untuk penjelasan yang lebih spesifik, nanti mimin akan ulas dalam kesempatan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan silahkan share artikel ini apabila menurut sobat ini bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
8 April 2016 at 09:42 delete

trims informasinya sangat membantu
Kami siap membantu anda dalam memenuhi kebutuhan tiang antrian, silahkan cek Koleksi Tiang Antrian Murah
a sangat membantu

Reply
avatar
8 April 2016 at 10:00 delete

Sama-sama. Terimakasih juga sudah mampir.

Reply
avatar